VISI SATUAN PENDIDIKAN
"Unggul dalam Prestasi, Berbudaya Lingkungan dan Berkarakter sesuai Profil Pelajar Pancasila"
Indikator Visi SMP Negeri 49 Surabaya:
Unggul dalam prestasi akademik maupun nonakademik
Unggul dalam lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
Unggul dalam lulusan yang tangguh dan kompeten sesuai dengan era globalisasi
Unggul dalam proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif berdasarkan pendidikan karakter
Unggul dalam sistem pembelajaran berbasis ICT
Terciptanya budaya sekolah yang peduli lingkungan
Terciptanya lulusan yang memiliki rasa empati, mandiri, dan berkebhinekaan global
Terciptanya sekolah adiwiyata yang mendukung pelestarian lingkungan, mencegah pencemaran, dan kerusakan lingkungan
MISI SATUAN PENDIDIKAN
Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik
Meningkatkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
Meningkatkan lulusan yang tangguh dan kompeten sesuai dengan era globalisasi
Mengembangkan proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif berdasarkan pendidikan karakter
Mengembangkan sistem pembelajaran berbasis ICT
Menciptakan budaya sekolah yang peduli lingkungan
Menciptakan lulusan yang memiliki rasa empati, mandiri dan berkebhinnekaan global
Menciptakan sekolah adiwiyata yang mendukung upaya pelestarian lingkungan, mencegah pencemaran dan kerusakan lingkungan.
TUJUAN PENDIDIKAN
Peningkatan prestasi akademik dan non akademik dengan cara:
Guru mendorong siswa untuk bereprestasi baik dalam bidang akademik maupun non akademik
Guru memberikan tambahan pelajaran untuk meningkatkan prestasi siswa
Siswa berperan aktif dalam setiap proses pembelajaran
Peningkatan lulusan yang beriman dan bertaqwa dengan cara:
Melaksanakan sholat dhuha dan dhuhur berjamaah, istighosah bagi yang beragama Islam setiap hari jumat beriman dan bagi yang beragama non Islam melaksanakan doa Bersama
Melaksanakan doa sebelum dan selesai Pelajaran
Melaksanakan peringatan Hari Besar Keagamaan
Peningkatan lulusan yang tangguh dan kompeten sesuai dengan era globalisasi dengan cara:
Menambah wawasan tentang bagaimana upaya untuk membentuk pribadi yang tangguh dengan menghadirkan nara sumber.
Rapat Dewan Pendidikan setelah memperhatikan pertimbangan Komite Sekolah.
Pengembangan proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif berdasarkan pendidikan karakter, dengan cara:
Siswa terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka dengan penekanan pada belajar melalui berbuat.
Guru menggunakan berbagai alat bantu dan cara membangkitkan semangat, termasuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan dan cocok bagi siswa.
Guru menerapkan cara mengajar yang lebih kooperatif dan interaktif, termasuk cara belajar kelompok.
Guru mendorong siswa untuk menemukan caranya sendiri dalam pemecahan suatu masalah, untuk mengungkapkan gagasan dan melibatkan siswa dalam menciptakan lingkungan sekolahnya.
Pengembangan sistem informasi manajemen berbasis ICT dengan cara:
Melengkapi sarana prasarana sekolah berbasis ICT seperti Lab bahasa yang lengkap, komputer, LCD, dan koneksi internet.
Sistem pengoleksian buku perpustakaan berbasis IT
Pembentukan budaya sekolah peduli lingkungan, dengan cara:
Meningkatkan kesadaran peserta didik untuk memiliki peran dan tanggungjawab besar terhadap lingkungan.
Meningkatkan kesadaran peserta didik untuk mengelola lingkungan dengan baik
Meningkatkan lulusan yang memiliki rasa empati, mandiri dan berkebhinnekaan global
Melaksanakan tugas piket kelas
Mengadakan pembiasaan setiap hari Jumat
Mengadakan bakti sosial
Pengembangan sekolah Adiwiyata yang mendukung upaya pelestarian lingkungan, mencegah pencemaran dan kerusakan lingkungan, dengan cara:
Tidak membuang sampah sembarangan.
Menanam tanaman dan pohon di lingkungan sekolah.
Membuat green house.
Mengajarkan daur ulang sampah plastik.
Mengurangi jumlah sampah plastik di sekolah.
Selalu menghargai dan mencintai alam